Mengapa Saya Tidak Menerima Informasi Jadwal Imam Sholat?

Jika pengguna Smart Muslim tidak menerima jadwal imam sholat (baik sholat 5 waktu, jum’at, tarawih, sholat iedul fitri, maupun iedul adha) ada beberapa kemungkinan yang terjadi, seperti :

1. Takmir tidak membuat jadwal imam sholat (baik sholat 5 waktu, jum’at, tarawih, sholat iedul fitri, maupun iedul adha)
2. Ustadz yang telah dijadwalkan oleh takmir untuk menjadi imam sholat belum melakukan konfirmasi kebersediaan
3. Masjid tersebut belum menggunakan aplikasi Smart Muslim

Jika kasus nomor 1 yang terjadi, maka kita dapat membuka fitur Aktivitas Masjid – Sholat 5 Waktu dengan langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi SMART MUSLIM dan pilih menu ‘Aktivitas Masjid’
2. Pilih menu ‘Shalat Lima Waktu’
3. Pilih tombol ‘Segarkan’

Jika takmir masjid ingin membuat jadwal imam sholat 5 waktu agar jama’ah masjid bisa mendapatkan informasi jadwal imam sholat, maka takmir dapat menjadwalkan dengan cara sebagai berikut:

1. Buka klik tab ‘Takmir’ untuk masuk ke bagian takmir
2. Pilih ustadz, waktu sholat, dan tanggal yang akan dijadwalkan kemudian klik
‘Simpan’
3. Notifikasi jadwal sudah disimpan dalam sistem akan muncul dan klik ‘Ok’

Selanjutnya kasus nomor 2 yang terjadi, maka ustadz yang dijadwalkan sebagai imam harus melakukan konfirmasi kesediaan karena jadwal tidak akan muncul jika ustadz belum melakukan konfirmasi.

Jika anda adalah ustadz yang ditunjuk oleh takmir untuk menjadi imam sholat, anda akan mendapat notifikasi sebagai berikut:

Langkah yang harus anda lakukan sebagai ustadz yang dijadwalkan menjadi imam sholat adalah:

1. Buka klik tab ‘Ustadz’ untuk masuk ke bagian ustadz
2. Scroll down sampai postingan paling baru yang ada di list paling bawah dan centang jadwal sesuai notifikasi yang diterima
3. Notifikasi jadwal sudah disimpan dalam sistem akan muncul dan klik ‘Ok’

Setelahnya, anda bisa kembali ke tab ‘Jamaah’ untuk melihat jadwal imam sholat. Berikut tampilan jadwal sholat yang telah dibuat oleh takmir dan dikonfirmasi oleh ustadz yang bersangkutan sebagai imam.

Langkah-langkah diatas dapat digunakan untuk penjadwalan imam sholat jum’at, tarawih, iedul fitri, dan iedul adha.

Untuk kasus nomor 3, jika masjid belum mendaftar di sistem Smart Muslim, maka jama’ah tidak akan mendapatkan informasi kemasjidan, jadwal imam sholat, shodaqoh, zakat, dan lainnya. Jika masjid ingin mendaftar dalam sistem Smart Muslim untuk diaktifkan database pengurus masjid yang akan memberikan info langsung kepada jama’ah, maka dapat dilakukan dengan menghubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *